Banner 468 x 60px

 

Minggu, 19 Februari 2017

Arduino Digital Input & Digital Output

0 komentar
   Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan pengalaman saya mengenai judul diatas. Berdasarkan judul diatas yang disebut digital adalah sebuah bentuk data/kondisi yang didasarkan pada bilangan biner 1 dan 0, untuk mengungkapkan kondisi “HIGH” atau “LOW” dalam mempelajari data digital kita hanya akan mengenal kondisi “HIGH” atau ”LOW”.

   Saat ini pengunaan data hampir semua memakai sistim digital, karena memiliki keungulan dalam kompresi data dan lebih efisien dalam pengiriman data dibanding sistim analog, tetapi analog juga tidak bisa dipisahkan karena masih banyak sensor dan komponen lain yang memanfaatkan perubahan data secara analog. Didalam pengukuran suatu kondisi tertentu kita akan menemukan suatu kondisi dimana hasil dari data analog harus dirubah menjadi data digital atau sebaliknya, atau yang sering kita sebut dengan ADC (Analog Digital Converter) dan DAC (Digital Analog Converter). Maka dari itu saya dengan keterbatasan keilmuan yang saya miliki saat ini saya akan memberikan tutorial mengenai “Digital Input beserta Digital Output” mengunakan prototipe board Arduino yang disimulasikan dengan software Proteus.

1. Buka software Proteus dan rangkai seperti gambar berikut.

pada gambar diatas kita mencoba memakai board arduino Nano dan mengoneksikan LED di pin 6 dan Button di Pin 2.

2. Buka software Arduino IDE, dan masukkan Contoh Program Button


3. Ubah Nilai “buttonPin” menjadi 2 dan “ledPin” menjadi 6

merubah nilai diatas berdasarkan kepada penyambungan Tombol dan LED pada rangkaian. pada rangkaian kita menyambungkan Tombol di pin 2 dan LED di pin 6

4. Ubah kondisi LED, apabila Tombol ditekan maka LED akan menyala

Ubah kondisi “HIGH” menjadi ”LOW” tanpa tanda kutip, pada code dibawah coment “turn LED on” dan ubah juga kondisi “LOW” menjadi ”HIGH” pada code dibawah coment “turn LED off”.
   oleh karna kita merangkai LED dengan Status Active LOW maka langkah ini ditujukan untuk menganti kondisi disaat Tombol ditekan maka port 6 akan berkondisi LOW. kita akan mengunakan code “digitalRead” yang bertujuan untuk membaca data/kondisi secara digital (HIGH atau LOW). diatas kita juga mengunakan code berbentuk logika “ if ” yang berarti “jika(tombol=HIGH)maka(LED, LOW)” dan “else” yang berarti “jika tidak(tombol=LOW)maka(LED, HIGH)”.

5. Atur model board, menjadi Arduino Mini.

   sebelum kita mengkompile program kita harus menyesuaikan model board yang akan kita pakai, ada banyak model board baik yang dikembangkan oleh arduino.cc atau developer yang lain, di kesempatan kali ini kita mengunakan model board Arduino Mini.

6. Compile program dan copy alamat dari hasil compiler

7. Klik 2 kali pada board Arduino Mini dan pastekan alamat tadi di kolom program

 8. Jalankan simulasi, dan slamat menikmati hasilnya.


    Indikator keberhasilan dari tutorial ini adalah kita dapat mengerti pengunaan logika “ if ” dan “else” serta pembacaan data digital pada port arduino. jika langkah-langkah yang kita masukkan benar maka LED akan menyala ketika tombol di tekan dan akan padam ketika tombol di lepas.

Sekian tutorial kali ini, slamat berjuang dan semoga Barokah, berikut juga saya sertakan hasil save dari proteus | Rangkaian.pdsprj

0 komentar:

Posting Komentar