Banner 468 x 60px

 

Senin, 22 Mei 2017

Defrensial

0 komentar
     Dalam beberapa pelajaran sewaktu saya belajar di SMKN 1 Driorejo saya menemukan beberapa soal yang keren-keren, dan ternyata saya mempelajarinya di MK kalkulus 1 dan Analisa Numerik (sekalian nilai tugas ya pak... 😁). 

   Baiklah kita belajar tentang pengertian dasar dulu ya. Menurut artikel di wikipedia saya menemukan pengertian dari Turunan atau Derivatif yang dalam ilmu kalkulus merupakan pengukuran terhadap bagaimana fungsi berubah seiring perubahan nilai input. Secara umum, turunan menyatakan bagaimana suatu besaran berubah akibat perubahan besaran lainnya; contohnya, turunan dari posisi sebuah benda bergerak terhadap waktu adalah kecepatan sesaat objek tersebut.

mungkin untuk penjelasan yang mungkin lebih baik dapat anda dapatkan disini.

     Disemester dua ini, saya mendapatkan sebuah tugas untuk membuat sebuah program peghitung turunan dari fungsi yang sederhana. Jika saya mengira adalah tidak sama ketika kita mengunakan rumus dasar dan perhitungan yang saya buat mengunakan program, entah program saya yang salah atau gimana karna perhitungan Deengan rumus yang beredar jika dibandingkan dengan rumus yang saya gunakan pada program ini (rumus dasar) selalu menghasilkan sebuah selisih. Berikut adalah penampakan perhitungannnya saat program runing.


     Sangat kelihatan selisihnya bukan? kalau mengunakan rumus yang beredar hasilnya adalah 150 tetapi jika mengunakan rumus dasar, perhitungan akan selisih sebanding dengan nilai delta X. Jadi, semakin kecil (mendekati nol) delta X-nya maka selisih akan lebih kecil pula. Berikut juga saya sertakan Source Code yang bisa anda sempurnakan dan semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar